Objek Wisata Kawah Ijen Banyuwangi

Wisata Kawah Ijen salah satu objek wisata Banyuwangi yang memiliki keindahan alam spektakuler,konon keindahan alam yang di miliki objek wisata kawah ijen tergolong langka karena hanya bisa Anda temukan di 2 tempat di dunia.

Fenomena langka yang terdapat di lokasi kawah ijen adalah fenomena api biru atau biasa di kenal dengan "Wisata Kawah Ijen Blue Fire".
Objek Wisata Kawah Ijen Banyuwangi

Wisata Kawah Ijen

Gunung ijen yang berada di lokasi banyuwangi tepatnya perbatasan antara kabupaten bondowoso dan banyuwangi cukup diminati turis dari berbagai negara.Fenomena langka yang dimiliki oleh wisata ini menjadi daya tarik utama wisatawan.

Jika anda ingin berkunjung ke ijen bisa melalui rute menuju kawah ijen sbb :

Rute Ke Ijen Dari Surabaya

Untuk Anda yang berencana berkunjung ke gunung ijen dari kota Surabaya jalur dan rute yang bisa Anda tempuh adalah rute ke ijen melalui bondowoso atau banyuwangi.Namun kami lebih rekomendasi ke ijen via bondowoso karena lebih dekat daripada harus ke banyuwangi terlebih dahulu.Dari bondowoso kemudian menuju desa sempol.Rute yang dilalui menuju kawah ijen yaitu melintasi keindahan hutan lindung. 

Di sepanjang perjalanan menuju ke Kawah Ijen, terlihat para pekerja tambang belerang dalam kendaraan truk pengangkut menuju ke paltuding kawah ijen, perjalanan sangat menantang dan tentunya menguras tenaga.  Setibanya di kawasan Paltuding maka ini adalah titik awal menuju ke Kawah Ijen dimana Anda harus berjalan mendaki sekitar 1,5 jam. Paltuding adalah lokasi kaki gunung dengan ketinggian 1.800 m dpl, jadi pastikan Anda membawa baju hangat yang mencukupi.

Berikut Jarak Tempuh yang dilalui Rute perjalanan dari Surabaya Kawah Ijen Banyuwangi.
  • Surabaya – Bondowo 191 Km dengan bus
  • Bondowoso – Sempol 165 Km dengan bus
  • Sempol – Banyupait 14 Km dengan bus
  • Banyupait – Paltuding 4Km dengan mobil
  • Paltuding – Kawah Ijen 3 Km dengan jalan kaki

Rute Ke Ijen Dari Bali/Banyuwangi

Rute berikutnya jika Anda melalui jalur timur BALI,Banyuwangi dsb. jalur yang bisa di tempuh yaitu melalui desa licin.Akses dari jalur ini cukup bagus sehingga Anda hanya perlu setidaknya 1 jam dari banyuwangi menuju lokasi paltuding di gunung ijen.

Berikut Jarak Tempuh yang dilalui Rute perjalanan dari Bali - Banyuwangi menuju Kawah Ijen
  • Denpasar – Banyuwangi 140 Km dengan bus / ferry
  • Banyuwangi – Jambu 18Km dengan mobil
  • Jambu – Kawah Ijen 21 Km dengan berjalan kaki

 Objek Wisata Kawah Ijen Banyuwangi

 Perjalanan menuju objek wisata kawah ijen dari banyuwangi dari surabaya jika memakai kendaraan darat cukup melelahkan karena cukup panjang perjalanannya hingga 7-8 jam.Alternatif yang bisa Anda tempuh jika dari kota surabaya atau malang yaitu menuju stasiun atau bandara di banyuwangi jadi akan lebih sedikit mempersingkat waktu tempuhnya.

Namun juga tidak ada salahnya jika Anda ingin berwisata sambil menikmati perjalanan karena dalam rute tersebut Anda bisa singgah ke pantai yang berada di jalur utara jawa seperti pasir putih bondowoso. Selain itu juga objek wisata yang se jalur dan se rute menuju gunung ijen dari kota surabaya atau malang adalah objek wisata bromo,rafting pekalen,air terjun madakaripura dsb.

Jadi sebelum tiba ke ijen alangkah baiknya segala sesuatunya dipersiapkan. Berikut tips sebelum berwisata.

Sumber : http://tourtravelbromo.com/rute-dan-jalur-menuju-lokasi-kawah-ijen/

 
 
Paket Wisata Bromo